Pages

Thursday, April 14, 2011

sincerity and fortitude

gw terbangun di pagi hari, karena gw merasa pintu kamar gw ada yang membuka..
takutnya sih mama gw atau papah gw yang tiba-tiba naik ke atas dan melihat anaknya bukannya belajar malah masih tidur, so gw terbangun dan menjenguk siapa gerangan yang membuka pintu kamar gw. eh ternyata keponakan gw..

"ada apa om?" tanya keponakan gw dengan polos..
"nggak ada apa-apa.." jawab gw yang masih setengah sadar.

gw pun langsung melanjutkan tidur gw lagi, aaahhh.. kok gw kek kebo yah akhir-akhir ini tidur sampai 8 jam.. gw pun langsung mengumpulkan semangat, buat bisa beraktifitas di pagi hari ini.. gw pun mengucap syukur dengan Tuhan masih dikasih nafas dan bisa menikmati pagi yang indah ini..
tanpa babibu gw pun ke depan buku matematika, sejenak melatih otak gw dengan mengerjakan beberapa soal sebagai senam otak..
lumayan juga pusing, setelah gw rasa cukup.. gw pun langsung mandi, ke bawah buat makan.. jam menunjukkan jam 8, dan gw nggak sempat ngeliat mamah gw yang udah pergi duluan sama cucunya buat nganter ke tempat playgroupnya...

"ndut sudah makan?" tanya gw di dapur sama keponakan gw yang lagi nonton tv
"eeeee.. belum om.."
"dah cepetan makan bareng om.." sambil megang piring buat ngambil nasi

dan akhirnya gw dan keponakan gw makan bareng.. gw pun makan dengan lahapnya, setelah gw makan gw pun ngasih makan peliharaan gw, lalu mencuci piring.. karena lama keponakan gw makan yah gw pun siap-siap buat berangkat..
jam dinding menunjukkan jam 9:00 waktunya gw berangkat..

"ndut mana kai?"
"sudah pergi tadi.. " dengan manjanya menyebut
"oooh.. dah om mau pergi tutup pagar hati-hati di rumah.."

sebelum berangkat gw pun berdoa, dan melihat didalam helm gw udah ada uang saku gw.. pas udah mau berangkat, ternyata bokap gw datang.. keknya ada yang diurus, tapi keknya udah mau pergi lagi. tanpa pikir panjang gw pun langsung pergi ke sekolah.
dengan santai, sambil nikmatin perjalanan tanpa hambatan gw sekali-kali toleh kiri dan kanan siapa tau aja ada yang oke. dan nggak kerasa aja sudah sampe disekolah.. sampai di sekola gw ngeliat motor teman gw raka, eh nggak disangka-sanga raka datang setelah berkabung. gw pun makirin motor, dan kebetulan gw dateng ada betty. ya sudah gw pun nungguin dia, biar bareng jalannya ke kelas..

"ayo bet.. cepetan.." desak gw sama betty
"iya sabar.."
"eh raka datang.." tanya dia sama gw sambil jalan..
"iya.. tadi ada motornya.."
"mamanya memang sakit apa van?"
"yah sudah lama sih sakitnya, badan udah nggak fit lagi. dan keknya kemaren pas drop-dropnya kondisi tubuh.. ya sudah, tiba-tiba aja gitu" jawab gw
"oooh.. kasihan raka.."
"iya.. kasihan raka, apalagi nih pas dekat UAN.. tapi rakanya baik aja kok semangat.."

dan kita pun akhirnya tiba di depan kelas, dan melihat nadira sama ichank anak ipa ngobrol di depan kelas..

"eh dimana ngambil itu?" kata gw sambil nunjuk peralatan tulis menulis buat UAN
"ooh di ruang pengawas.."
"oke.., bet ayo ambil pensil.." ajak gw sama betty

kita pun jalan buat ngambil peralatan tulis itu, kebetulan ada hafiz, ozan dan wahyu yang ikut nemenin kami ngambil peralatan tulis.

"yang lainnya mana fiz?" tanya betty setelah pilah-pilih peralatan tulisnya
"di kantin mungkin.."

eh gw baru ingat, tadi kan mau ketemu raka.. ya udah.. habis ngambil peralatan tulis gw pun langsung pergi ke kantin buat ketemu raka..
bener aja.. rakanya datang dan sudah sumringah aja mukanya..

"wess..kawan.. sabar boy lah.. baik aja kan kabar?" sambil salam dan memeluk dia
"baik aja.. ini datang-datang sudah ribut.." dengan muka ceria seperti kemaren tidak terjadi apa-apa..

eh ternyata mereka asyik ngejek gw, karena ada cewek gitu deh.. ah sial, gw datang jadi bahan olok-olokan.. tapi nggak apalah, yang penting hati teman gw raka senang..

"eh kawan kita kenapa? senang-senang aja" tanya gw sama jasen
"tau.. dia.." jawab jasen dengan heran sambil senyum
"eh bleng, elu itu bukannya sedih malah ketawa-ketawa" tanya gw..
"raka itu nggak kek elu van, patah hati aja sampai seminggu dan rasanya mau mati. coba raka, cukup sehari aja.." ejek novan sama gw..
"ahhh.. sial" kata gw speechles gw dapat kata-kata novan. kalau dipikir-pikir benar juga yah..
"hehehe.. ngapain juga di sedihin, benar kata novan.. tetap aja cinta ditolak.." ejek raka sama gw..

lagi-lagi gw pun jadi bahan ejekan, di kantin.. daripada bikin malu gw pun menjauh, karena keki gw di ejekin..

"jauh-jauh evan sok cool.." ejek raka dan gw pun nggak menjawab karena bingung juga mau jawab apa dan masih heran juga 'nih anak kuat banget, seprti kemaren itu nggak ada terjadi apa-apa dan gw kagum dengan ketabahan dia'

cuap-cuap ejek mengejek, dan sambil membahas beberapa topik pembicaraan di kantin, ibu mahda pun datang.. maksudnya untuk memberi dorongan, eh malah suasana yang ceria tadi dibikin sendu pas ibu mahda datang..

"ya dah..ibu ini, bagus aja tadi ceria malah dibikin sedih" kata raka sama gw..
"iya makanya.. cepetan usir merusak suasana aja"

bener aja, tadi yang raka ceria. malah kek gimana ekspresinya, pas ditanya-tanya ibu tentang mamahnya.. hmmm.. memang nggak tepat nih moment ibunya datang.
kami pun merasa bosan akhirnya meninggalin kantin, dan ibu mahda..
udah cukup lama juga di kantin..
di jalan juga, kami yah seperti biasa ejek mengejek lagi. kebetulan ada tria (nggak usah diceritain bisa dikatakan nih aib paling indah di kehidupan raka)

"tria.. nih.. kasihannya.." kata gw dengan tria sambil kasih kode biar ngehibur raka
"sudah.." balas tria dengan senyum dan sedikit malu-malu
"cepetan.. dihiburin" kata jasen juga nambahin, eh trianya cuman senyum malau gitu

ya udah kami pun jalan, dan sambil cuap-cuap juga.. sma anak yang lainnya

"van.. bentar lagi salaman.. gabung di depan kelas" ajak wahyu yang tiba-tiba nyamperin gw..
"oh ya bener juga.. eh gw ke kelas dulu yah" pamit gw dengan yang lainnya..

di depan kelas udah ada aja diskusi, nggak tau membahas apa. tapi keknya nggak jauh-jauh dari yang namanya ujian nasional..

"van.. belajar yang bener" kata elis sambil nepuk lengan gw
"iya.. elu juga lis.. sosiologi dan akutansi geo aku bisa aja menjamin" sambil gw tepuk balik lengannya..
"iya gampang aja.." jawab elis..

belum habis eh adnan datang..
"wah van bagus, cerita kamu.. memang bagus mengarang dalam cerita" kata adnan sama gw yang habis membaca cerita gw di blog ini..
"ehhh.. itu based the true storry" kata gw buat meyakinin mereka bahwa cerita di blog gw ini adalah sahih..
"ya apapun ceritanya intinya mantap dah mengarang ceritanya.. jauh dari kenyataan"
"atau bisa sebenarnya nyata, tapi kita terlalu gimana menilainya.. keknya itu cewek mencari badut ancol. bukan buat nemenin jalan " kata hafiz dengan disambut ketawa oleh ojan, wahyu dan lain-lain
"ahhh.. sial, kek gimana memang gitu faktanya.." kata gw..
"van lanjutin lagi ceritanya seru.." kata wahyu
"ehh.. sembarangan, mana bisa dikarang.. nggak ada terjadi lagi mana bisa dibikin cerita" kata gw, buat ngyakinin mereka kalau cerita gw itu memang benar apa adanya..

lama saling mengejek dan bercanda tawa, semua kelas XII udah ngumpul di lapangan buat mendengar wejangan dari kepsek sekalian salaman dengan semua guru.. yah, hari ini hari terakhir kita untuk sekolah dan fokus UAN yang senin depan dilaksanakan.. ada yang photo-photo, ngobrol, dan lain-lain.. suasana di lapangan sedang mengharu biru, karena ini adalah hari terakhir menjelang UAN..
lumayan lama mendengar cuap-cuap dari kepsek, tiba juga akhirnya salam-salaman sama guru..
kelas gw agak terakhir buat salam-salaman karena malas berdesak-desakkan..

"bu.. mohon doanya." kata gw dengan guru, sambil nyalamin dan memeluk..

yah, gw termasuk anak yang suka banget bikin masalah sama guru.. dan kalau bisa dikatain yah anak durhaka lah.. hahaha
selesai salama-salaman gw pun langsung nyalamin teman-teman gw.. saling mendoakan biar sukses semuanya..

"cha.. maafin kalau ada salah"
"liii... maafin salah aku li.."
"nattt.. lama nanti kita nggak ketemu"

yah gw menyebutin kata-kata itu sama cewek-cewek di kelas gw, tapi gw merasa kehilangan sih yah sama sally.. yah, kapan lagi bisa ketemu cewek yang gimana gitu.. dan bisa diajak bercanda tanpa batas...
saling berpelukan itulah yang gw lakuin sama teman-teman gw.. nggak pandang bulu cewek cowok gw peluk dah.. dengan erat, aplagi dengan ojan.. nggak pengen ge lepas pelukannya karena serasa meluk bantal guling enyak banget...
setelah selesai yah, kami pun keliling kelas buat minta maaf dan doa restu..
sampai akhirnya...

"ihhh, apaan nih tangan gw basah-basah panas lagi.. ada yang ngasih balsem" gerutu wahyu sama kami..

"hahaha.. makanya kek gw salamannya diseleksi yang oke dan memang penting disalamin aja.."

"ahh panas, coba disalamin pake parfum aja kan lumayan wangi" celetuk wahyu sambil cuci tangan..

"mana yang lainnya van?" tanya ojan yang darimana datang

"ohh dikantin bubur minum, yuk susulin.. " kita pun jalan, eh ternyata mereka udah get out dari kantin bubur..

gw sama, hafiz, ojan istirahat duduk dulu, sedangakan wahyu dan adnan pergi ke potokopian..
lumayan cape juga kaki, jadi yah duduk dulu..
sesudah ini nggak ada hal yang menarik jadi di skip aja, walaupun ada juga kisah yang menjengkelkan tapi keknya nggak perlu di ceritain.
skip...

harinya pun hujan, teman-teman di kelas gw udah pada pergi entah kemana aja. gw pun gabung lagi sama anak ipa..
banyak mereka yang belum pulang. dan disitu lagi-lagi gw melihat raka yang mukanya amsih sumringah tanpa beban, dan pribadi kuat yang pernah gw lihat pasca berkabung..
hampir semua heran, ada apa dengan raka. kok bisa setegar ini. kalau gw sebagai raka mungkin gw akan murung dan mungkin dalam amsa berkbung sekarang, tapi beda dengan raka yang kami lihat. dia begitu ceria sama seperti hari-hari sebelumnya, entah darimana dapat kekuatan itu atau hanya kamuflase aja.. tapi yang gw lihat raka yang kuat dan tegtar menghadapi keadaan..

"ayo boy.. belajar bener-bener.. buat kuliah.." kata gw dengan raka..
"ya makanya.. gw ngambil UNDIP di semarang.."
"sip.. mantap, smasa aja elu bisa masuk apalagi UNDIP pasti masuk.."

yah semangat itulah yang gw rasakan di dalam diri raka.. dan bikin gw bingung, gw aja perlu seminggu buat ngobatin sakit hati gw. sedangkan dia cuman dua hari udah bisa ketawa-ketiwi bareng teman-teman. padahal kehilangan orang yang paling dikasihi dan disayangi, yah kehilangan seorang ibu yang telah melahirkan kita. begitu berat, tapi beda dengan raka seperti mengikhlaskan dengan apa yang terjadi..
cukup lama kita cuap-cuap, kebetulan gw males juga pulang. yah akhirnya gw pun ikut raka, jasen, yasin dan koko ke primagama buat mendaftar program belajar khusus sebelum UAN.
yah gw cuman ikuti-ikutan siapa tau aja dapat makan..
ternyata nggak rugi juga, ikut banyak dapat info tentang UAN dari mbak Lia, nggak tau gw apa posisi dia disitu tapi orangnya cukup asyik dan serasa gimana gitu tiap kali ngomong sama kita memanggil kata 'say..' mungkin kira mbaknya nama kami saylani kali yah jadi dipanggil say..
nggak kerasa udah jam setengah empat kami pun pulang, dan lagi gw melihat sosok raka yang tegar dan kuat..
pengen rasanya ngehibur dia, padahal sih rencana pengen ngajak dia jalan.. tapi udahlah, entar aja habis UAN.. karena novan juga udah pulang dan jasen ngantuk..
sepanjang jalan pulang gw dan koko pun membahas raka..
darimana kah kekuatan dan ketabahan tersebut?
cukup salut gw sama raka. walaupun nih anak termasuk anak yang paling beruntung di kelasnya, tapi dia tetap bertahan dan menjadi raka nggak berubah walaupun cobaan dari Tuhan begitu berat yang dirasakan oleh dirinya dan keluarganya.. yah kehilangan orang yang dikasihi selama-lamanya.. cukup berat, tapi raka menghadapinya dengan tabah..
dan itu sudah cukup membuat gw merasa senang, dengan keadaannya..

mungkin ketabahan raka ini bisa menjadi contoh bagi kita semua, untuk tidak larut dalam kesedihan.. walaupun memang ada masa berkabung, tapi hidup masih tetap jalan.. percuma bersedih toh apa yang sudah terjadi nggak bisa kembali. iklash dan tabah itu saja yang bisa kita lakukan untuk menghadapi semuanya ini..
cukup malu dengan diri kita sendiri, sedih sakit hati aja sampai pengen mati dan berlarut-larut tapi coba raka. dia sudah bisa tabah dan ikhlas menerima, entah dia bohong karena ada kami atau apa. cuman gw yakin raka itu anak yang kuat dan tabah.. ketabahan dia itulah yang harus kita contoh..
makasih raka, sudah memberikan kami semangat. untuk tidak larut dalam kesedihan.. dan semangat buat raka..

Perfect Class @kristianusevan Luapan Emosi

0 comments:

Post a Comment