Pages

Saturday, April 9, 2011

what a wonderful day


nggak kerasa udah pagi aja. pagi ini gw merasa nggak bersemangat banget. yah, karena kemaren habis kena semprot dan keingetan dengan hp gw. kebetulan kakak gw yang cewek datang, bikin gw nggak enak hati di rumah.. rasanya pengen kabur dari rumah buat nghilangin stress. pagi ini gw mencoba buat bersemangat, bangun agak telat dan gw langsung mandi, tanpa basa-basi gw langsung makan. nyam..nyam.. sejauh ini keadaan kondusif tanpa ada teriak-teriak.
ternyata, keadaan yang tenang itu nggak bertahan lama setelah papah gw nanyain masalah internet..

"gimana internetnya bagus?" papah nanyain ke gw..

"apanya, cuman 50 jam bisa apa?" mood gw udah hancur banget, gw menggerutu karena internet di rumah gw sekarang nggak unlimited lagi..

"mending dicabut aja sudah.. klo kayak gitu" bokap gw membalas dengan nada tinggi..

"coba kek dulu, bebas. ini sekarang apa 50 jam habis sudah.. lihat aja entar bayarannya membengkak.. apalagi nih banyak yang make..pasti habislah 50 jam"

"apa.. semua anak orang itu dibatasin mainnya.. nggak ada yang bebas seperti itu. siang malam internet aja.. nggak ingat makan, begadang, tidur seharian.." papah gw sudah mulai naik emosinya..

" tapi internet itu penting, buat beli tiket, cari-cari bahan belajar, browsing universitas. 50 jam bisa apa.. "

bokap gw langsung meninggalin gw. belum habis disitu mamah gw nambahin lagi nyemprot gw.. ah, tambah bikin males aja buat makan. gw pun langsung diam, buat menjaga mood dipagi hari. gw males buat ngeladenin.. karena, gw tipe nggak mau ribut klo di pagi hari.. tapi lama-lama nggak kuat juga..
apa-apalah mamah gw bicarain.. gw males dengerin.. gw memilih diam diri aja, tapi saking gw nggak kuatnya gw bilang..

"kenapa? evan terus.. suma pernah aja ngelakuin.. kenapa keknya klo ada masalah evan terus padahal semuanya pernah melakukan.. seolah-olah apa yang evan lakukan parah banget.." langsung gw pergi dari meja makan, karena kebetulan gw udah selese juga makan.

jam gw lihat udah jam &:25 ahh telat nih nganter keponakan, bener aja.. ternyata keponakan gw diantar oleh papah gw. bagusla, jadi gw bisa nyantai bentar.. gw gosok gigi lama-lama, pakai baju dengan santai sampai sekitar jam 8:00 gw udah siap dengan semuanya.. gw pun berdoa dulu sebelum pergi dan papah gw yang datang habis ngantar keponakan gw nanya sama gw?

"sekolah hari ini?"

gw cuman diam aja cuek.. lalu papah gw membuka dompetnya buat ngasih uang saku gw 50rb.. sontak gw tolak..

"nggak perlu, simpan aja gasan bayar internet" gw jawab dengan ketus, karena jengkel

"internet sudah di bayar" papah gw menjawab..

"tambah lagi, buat bayarnya.." langsung gw keluar rumah, buka pagar nyalain motor langsung pergi tanpa babibu karena jengkel banget..

sebenarnya gw merasa bersalah, tapi hati dan perasaan gw jengkel banget.. pagi-pagi rumah nggak tenang.. ribut lagi, itu yang bikin gw langsung bad mood..
tapi masa bodoh, yang penting gw udah nggak ada di rumah lagi..
tiba disekolah dengan jalan agak pincang gw menuju kelas gw, yah.. gw ngeliat beberapa teman gw udah duduk di depan kelas sambil menghapal praktek jepang..
oh, sial gw lupa harus menghapal jepang, ah udahlah masa bodoh..
sialnya, gw lupa lagi bawa rapot.. ahhh, udah.. males gw mikirin..
di sekolah semua pada sibuk menghapal jepang, dan ada yang main bola.. sedangkan gw duduk, di depan.. karena nggak ada mood ngapa-ngapain ditambah kaki jempol gw yang sakit karena ada luka habis kepleset..

"wess.. jempol sally di handsaplast.. masih sakit yah li?" gw nanya dan mencoba pengen memegang..

"iya sakit.. jangan dipegang" sally menjawab dengan ketus

"hahaha, jangan diganggu klo nggak mau ngeliat sally mengamuk" tegur dila sama gw, yang ternyata sudah merasakan amukan sally karena dia iseng megang jempol tangan sally yang sakit..

"ahhh.. masih untung jempo tangan, gw jempol kaki nih luka" gw ngasih tau kaki gw yang sakit..

"peduli yah aku?" jawab sally dengan juteknya..

"yah, saya kan bermaksud menceritakan.. klo saya lagi luka"

"eh.. van jempol kamu kok bengkak? " si erikacacha nyeletuk, ngasih tau jempol gw bengkak?

"mana ada bengkak.. mulai dari dulu jempol gw kek gini.. mana ada jempol yang kecil"
gw menjawab karena gw tau dia mencoba ngerjain gw,
sontak aja cacha ketawa.. ngeliat jempol gw yang dikatainnya bengkak. elis, nadira, sri, dan sally juga ikut memperhatikan jempol gw..

"ya elah.. mau aja di bohongin erika.." tapi mereka tetap memperhatikan..

"eh yuk kita kekantin lapar.." ajak nadira sama geng mereka..
yah para gadis kelas gw lalu pergi ke kantin dan gw pun berdua sama kevin yang asyik menghapal jepang..

"namaewa kevin desu.." kata itu terus yang keluar dari mulut kevin.
gw pun cuek aja karena gw males banget buat ngehapal jepang.. dan mood gw ari ini lagi nggak baik.

akhirnya waktu yang ditunggu datang juga, sensei dengan gagahnya masuk ke kelas dan melanjutkan praktek jepang. untuk pertama ini anak ipa duluan melanjutkan yang belum maju.. ah masa bodoh dalam pikiran gw.. yang penting gw maju, dan selesai..
lama menunggu akhirnya selesai juga anak ipa maju.. giliran kami ips dua maju.
mood gw disaat itu sudah mulai membaik karena banyak hal lucu yang gw buat..

"eh.. ada yang berminat memliara hamster? " devi mencoba menawarkan hamster, karena saking banyaknya di rumah..

"yah.. nggak ada kandangnya.. coba dikasih sama kandangnya" celetuk kevin

"pakai kardus ajalah vin.. gitu aja repot... atau kalau mau, minta aja hamsternya terus kamu kasih sama kucing.. sebagai perbaikan gizi ke kucing"

"nah.. pengennya gitu, tapi aku kucing nggak ada van.."

"ya udah, kamu beramal ngasih kucing liar makan.." jawab gw dengan santai

"eh.. jangan, aku nggak tega di gituin.. kasihan hamsternya.. dasar kalian ini" devi mencoba mengakhiri pembicaraan kami yang nggak masuk akal ini..

"nah kenapa nggak dijual ke petshop kan lumayan uangnya?" tanya kevin sama devi

"terlalu murah.. cuman 7500 buat satu ekornya.. sedangkan kalau dijula balik mereka kasih harga 25rb..rugi dong aku.."

"oh ya bener juga.."

lagi.. devi pun mencoba promosi peliharaan dia,mencoba menawarkan siapa yang berminat memeliharanya. ditanya mulai dari adnan, wahyu, ojan nggak ada yang berminat. yah mereka bukannya nggak mau, tapi males buat meliharanya..

"wah klo kek gini pas aja jual hamster secara online.. jadi dev di fb bilang dijual hamster bisa dikirim, hamster mati bisa di ganti dengan baru.. jaminan 3 tahun.." kata gw mencoba memberikan saran..

"terus di kirim pakai apa hamsternya? lewat tiki?"

"iya.. hahaha.. jadi kan hamsternya dikirm.. masukkin dalam kardus di plester-plester biar oke.." jawab gw, sambil berpikir.. klo sebenarnya ada yang melakukan itu transaksi binatang lewat online dan dikirim pakai tiki dalam kardus..

belum sempat membalas pernyataan gw, kami ditegur erika karena saking ribut..

"ssssssttt.." memberikan tanda yang berarti diam..

sejenak kita diam.. tapi gw bersama wahyu nggak bisa diam malah lanjut ngobrol..
macam-macam ngobrolnya.. sampai hal-hl yang aneh-aneh, dan nggak masuk akal..
ya kakmi membahas tentang kemungkinan munculnya mutant kura-kura lalu kelai sma mutant hamster..
khayalan tingat anak TK antara gw dan wahyu.. saking ngakak nya gw.. erika mencoba menegur kami lagi..

"sssssttt.."

gw pun langsung aja sally membalas..
"sssttt.. sssst.. ssssstttt..." yah dengan gaya mau mempilok sesuatu..
gw pun ikut membalas dengan gaya mempilok..

"sssstt.. ssst.." sambil memperagakan memperagkan gaya menyemprot obat banyuk

"sssst..sst..sssst..ssst.." ini dengn gaya pengen memompa ban..

lalu sally nggak mau kalah juga..

"ssst..ssst..ssst.." sally memperagakan dengan gaya menyemprot obat nyamuk dengan muka serius..

karena merasa capek dan mulai jayus gw pun nggak melanjtkan lagi..
nggak kerasa udah urutan hafiz aja.. yah habis hafiz, erika lalu gw..
kemudian gw fokus lagi menghapal jepang.. hafiz selesailalu erika pun maju..
nggak lama menunggu sampai juga giliran gw..

"konichiwa.." sapa sensei sama gw..

"ohayo..." jawab gw dengan bodohnya..

"konichiwa.." sensei mengulang lagi menyapa gw, yang tandanya gw salah menjawab..

sial, gw bingung balas apa.. lalu gw tanya aja sama teman gw apa.. eh senseinya bilang jangan kasih tahu.. ah sial.. baru deh gw jawab ngasal doang..

"konichiwa sensei.." jawab gw.. dengan mantap
eh ternyata benar.. lanjut ke pertanyaan selanjutnya.. yg gw sendiri aja lupa apa kata sensei..

"onamaewa?" tanya sensei setalah tadi basa-basi yang jujur gw aja nggak tau artinya apa

"watashiwa evan desu" gw jawab dengan penuh percaya diri..

"nan sai desuka?"

"eeeee.. sai..sai umur yah sensei? watashiwa ju nanan sei desu?" percaya diri gw udah mulai runtuh.. dan menjawb mulai terbata-bata

sejauh ini gw bisa menjawab.. dan sekali-kali bertanya apa maksudnya. klo nggak ngerti yah gw lewatin..

"nan nin kazoku desuka?"

"roku nin kazoku desu" semangat gw mulai naik, karena gw bisa ini..ahaha

beberapa pertanyaan gw lewatin karena nggak bisa jawab.. sampai ke pertanyaan terakhir..

"asa nan jini okimasuka?" tanya sensei dengan gw..

"aduh.. apa sensei? jam yah? jam bangun pagi?" tanya gw dengan sensei dan di jawab dengan sensei dengang menggelengkan kepala seolah-olah tidak tau..

"emmm.." gw mencoba berpikir dan akhirnya.. "sensei nggak tau.."

"yah sudah.. selesai.." jawab sensei sama gw yang berarti udah selesai pertanyaannya

"makasih sensei.." dengan hati senang walaupun beberapa pertanyaan doang yang bisa gw jawab..

ahhh.. lega juga akhirnya.. selesai segala praktek dan fokus ke UAN sekarang.
gw pun keluar karena males mengganggu yang lainnya, sambil menunggu kek wahyu dan lain-lainnya selesai..
gw pun ngborol-ngobrol dulu diluar membahas tentang gadget, hp dll..
sampe nggak kerasa semuanya udah selesai, dan tersisa gw adnan, hafiz dan wahyu yang asyik ngobrol..
merasa capek kami pun ke kantin, tapi nggak jadi ke kantin.. mereka pengen pergi makan di luar..

"van ikut ke mie dadang?" tanya hafiz sama gw..

"ahh.. nggak aku capek, lagian nggak ada uang.. tadi nggak di kasih uang saku kebetulan tadi lagi bad mood sama papah aku jadi uang sakunya nggak aku ambil"

"oh ya udah.. kami aja yang pergi.."

kami pun jalan keluar bareng, tapi gw misahin diri karena nggak ikut mkan di luar..karena uang lagi cekak, dan males juga makan diluar keseringan makan diluar..
sebelum pulang, gw sama wahyu jalan bareng. kebetulan tempat rumah makannya yah jalannya sejurusan juga sama gw. tapi akhirnya gw misahin diri aja karena udah beda jalur.. kebetulan gw pengen cepat pulang karena capek dan lapar..
dengans santai gw memacu motor gw, buat nikmatin suasana perjalanan..
sampai di rumah.. gw dikejutkan dengan adanya berita duka..

"van.. tau mama nopandi meninggal?" kata mama gw setelah membuka kan pagar..

"hah? beneran?.." gw pun kaget mendengar berita itu karena sama sekali nggak ada berita dari teman gw..

"iya..kamis tadi meninggal, kebetulan papah tadi ke gereja nah disitu tadi tau"

"oohh.. ahh, nggak ada kabar..keknya ada kabar.. tapi lewat hp.. kan hpnya disita"

"tau nggak rumahnya yang baru di jalan cemara situ?"

"tau..tau kebetulan beberapa bulan main kesana.. jadi hari ini kita melayat?"

"iya melayat.."

tanpa babibu, gw membuka laptop gw dan online.. ternyata nggak ada berita dari teman gw.. langsuny aja gw ngasih tau sama teman gw SD dulu..
dan ternyata mereka pada nggak tau nomor gw, dan mereka hari kamis kemaren udah melayat.. sontak aja, gw merenung sebentar tentang kejadian di hari ini..
gw teringat dengan teman gw enrico yang papahnya udah dipanggil Tuhan duluan, dan yang kedua di tahun ini teman gw SD mamahnya dijemput Tuhan lebih dulu..
memang rencana Tuhan siapa yang tau, hidup dan mati.. cuman ada di Tangan Tuhan..
gw pun sesuai dengan rencana awal malam ini melayat, langsung aja ke bawah lalu makan, online bentar buat ngasih kabar meninggalnya mamah teman gw.. lalu gw pun tertidur sampai jam 18:30...

"mah.. papah mana?"

"tadi sembahyang.."

"hah berarti sudah pergi ke rumah nopan?" sambil meliat jam yang gw rasa belum mulai kebaktiannya...

"ohh nggak, sembahyang 40 hari.. sudah siap-siap, kena papah datang langsung pergi"

"mama nggak ikut?"

"nggak.."

ya udah gw pun ngambil handuk, bukannya langsung mandi malah ke bawah dulu buat minum dan nonton tv.. ngeliat fenomena briptu norman yang sekarang jadi hits gara-gara videonya.. cukup lama gw di bawah, ngeliat jam udah jam 19"15 aja, buru-buru gw dengan pincang jlan buat mandi..
dengan hati-hati gw mandi karena kaki gw masih perih.. ahhh, perih bnget rasanya nih kaki.. coba dimana kek lukanya kan bagus juga.. gw pun asyik mandi, dan kedengaran bunyi motor papah gw di luar..

"sum.. papah datang.. buka pagar.." teriak gw dari kamar mandi..

"van.. mau naik kendaraan sendiri atau ikut papah?" tanya mamah gw

"oh ya, ikut aja.. bentar lagi kelar.." gw pun bergegas handuk, dan langsung lari ke kamar mempercepat langkah dan memakai baju..

"nah sudah... siap.." gw pun keluar pagar.. dan ikut papah gw ke rumah teman gw itu buat melayat..

sesampainya di rumah teman gw, gw pun bertemu dengan teman lama gw..
gw pun nyalamin tanda turut berduka, cuman satu yang gw lihat.. nopandi teman gw begitu tabah.. seperti nopandi di hari biasanya yang gw kenal, mungkin tabah di luar karena ada kami teman-temannya.. tapi siapa tau dlam hatinya sebenarnya berduka..

sempat terbesit dipikiran gw.. seandainya gw dlam keadaan seperti dia, mungkin gw bisa menangis meraung-raung.. karena gw merasa, gw banyak salah dengan orang tua gw. dan cita-cita gw buat menyenangin hati orang tua gw belum sempat gw wujudkan..
Tuhan masih baik sama kelurga gw, orang tua gw walaupun suka marah-marah tapi masih dikasih Tuhan umur yang panjang.. dan masih bisa membiayai gw sekolah..
seperti Tuhan meingatkan diri gw, dengan keadaan hari ini..
gw membentak bokap gw, dan nyolot dengan nyokap gw.. ternyata Tuhan menegur gw, kalau Tuhan bisa saja mengambil hidup orang tua gw kalau gw bersikap seperti tadi pagi.. Makasih Tuhan, sudah menegur evan..

tepat jam 23:00 gw dan bokap gw pulang, merasa bahagia hidup gw dan beruntung mempunyai ornag tua yang masih sehat dan kuat.. makasih Tuhan.. hari ini adalah hari yang indah.. walaupun mood gw turun, tapi Tuhan sudah menegur gw, berbaktilah dengan orang tua selama masih hidup.. dan itu yang belum gw lakukan untuk orang tua gw..



Perfect Class @kristianusevan Luapan Emosi

0 comments:

Post a Comment