Pages

Sunday, April 10, 2011

sunday morning

gerimis mewarnai suasana pagi di kota banjarmasin..
yah.. minggu pagi di banjarmasin diawali dengan gerimis..
dipikiran gw cuman pengen tidur, karena suasananya pas dingin-dingin gimana gitu.
jam 7:30 akhirnya gw paksain bangun.. karena nggak enak dibawah sudah pada sibuk..

"van hari pagi ini ke gereja?" kata kakak gw suma..

"ahhh.. males, gereja sore aja.."

"ooh, nah bisa temenin jalan ke salon cari baju pengantin.."

"bisa.. tapi jam 10 entar ke gereja melayat.."

"oh ya, nggak apa-apa.. berarti nggak usah aja.."

"kalaunya mau sekarang, sudah siap-siap.. nih masih jam 8.." sambil ngeliat jam, dan gw pikir nggak salahnya kedua-duanya gw sanggupin..

"oh ya sudah.. mandi, makan dulu.."

"oke.."

akhirnya disepakatin pagi ini gw dan kaka gw keliling banjarmasin buat cari baju pengantin.. dan pulangnya gw langsung ke gereja buat ibadah penguburan alm.nyokap teman gw...

"van.. ikut ke gereja?" kata papah gw, yang siap-siap mau pergi..

"oh ya entar.. kalaunya sempat..tapi temenin suma dulu ke salon.."

"oh ya..ya.."

gw pun langsung makan, mandi dan siap-siap..

"dah yukk.. pergi.." gw sudah siap, dan tinggal masang sepatu aja lagi..

"oh ya bentar.."

"evan tunggu di bawah.."

nggak beberapa lama, kaka gw akhirnya turun juga.. dan kita pun cabut mencari salon yang ingin dituju..

"kita ke salon yang dekat poltabes.."

"oke..berarti kita jalan veteran.." jawab gw sambil mengendarain motor..

dengan santai gw memacu motor gw sambil ngobrol tentang rencana weddingnya entar..
kurang lebih 15 menit akhirnya sampai juga kami di salah satu salon yang dimaksud tadi. kakak gw pun masuk dan gw tetap di luar nunggu.. karena gw juga nggak ngerti, jadi gw diluar sambil membaca novel yang gw bawa dari rumah...
lama menunggu kaka gw di dalam salon, akhirnya keluar juga..

"dah van.. yuk jalan lagi..."

"dapat bajunya.."

"nggak muat bajunya.. ada sih yang pas tapi nggak ada lengannya.." dengan raut muka yang kecewa, karena jadi kendala adalah ukuran badan kaka gw
yang SEMOK--> sehat montok.

"oh ya udah..kemana lagi?" tanya gw dengan kakak gw..

"kita ke salon yang kemaren di sutoyo.."

"oh ya udah. eh evan ada salon bagus.. di daerah haryono MT.. salon suka ayu, siapa tau aja ada baju yang ukurannya pas.. hehehe.."

"oh boleh juga.."

akhirnya gw pun memacu motor lagi menyusuri padatnya jalanan kota banjarmasin.
sampe tiba di jalan haryono MT tempat salon suka ayu, eh ternyata tutup.
ya udah sesuai dengan rencana awal gw memacu motor gw ke salon yang ada di sutoyo tersebut.. kaka gw pun masuk ke dalam, dan gw agak terakhir naik karena ngamanin helm dulu di jok motor.. takut hilang.

"van coba sini bagus nggak bajunya?" tanya kakak gw sama gw yang baru aja ke atas, dan duduk.. di ruang tunggunya

"bagus-bagus.. tapi nggak ada lengannya kan kelihatan gemuknya.. hehehe" celetuk gw sama kakak gw..

"masalahnya nggak ada lagi udah van.."

"iya mbak.. nih bagus aja bajunya.. masih sopan kok.." kata mbak salonnya

"nah.. makanya sum, diet..diet.. supaya nggak repot nyari ukuran baju yang pas.."

sambil memperhatikan kaka gw pake baju pengantin, emang bener.. semoka banget kakak gw, mungkin karena nggak tapi tinggi dan suka ngemil eskrim makanya timbangan cepat banget naik.. dasar kakak gw ini susah banget diet, bener sih diet eh tapi program dietnya selalu gagal dalam satu hari aja.. entah makan eskrim atau makan malam..
akhirnya, dirasa cukup waktunya dan keknya kakak gw suka sama model bajunya.. tapi kebetulan kita cari dulu model yang lain, siapa tau aja ada yang lebih bagus daripada yang ini. akhirnya, kita pun memacu motor lagi keliling banjarmasin sampe ketemu ada salon yang menyewakan baju penganten..

"van masih jam 11.. sempat ajakan.. ke gerejanya.."

"oh ya sempat aja.. udah ke mana lagi..?"

"ya sudah kita ke salon yang dekat sultan adam.."

"oke.."

gw pun mengikutin instruksi yang dikasih kakak gw, sampainya di jalan yang dituju. eh ternyata ke lewatan. ya udah gw males juga putar balik, dan meingat udah jam 11 entar nggak sempat lagi ke gereja melayat.. ya udah kita pun pulang. dengan buru-buru gw memacu motor..
tit..tit.. gw ngeklakson tandanya minta di bukain pagar.. mamah gw pun keluar dan membukain pagar.. tanpa naik ke rumah gw langsung aja pamit nuat pergi ke gereja

"mah evan cabut dulu.. ke gereja.."

"oh ya hati-hati, ikut ke kuburan nggak?"

"nah nggak tau, entar liat aja lagi.."

langsung gw tancap motor gw buru-buru, takutnya ibadah udah selesai..
macet pun nggak terhindari dan itu membuat waktu gw terbuang sia-sia..
ahh, moga aja belum pergi ke kuburan..
akhirnya lumayan lama terjebak macet gw pun sampe juga di gereja..
banyak yang datang untuk melayat, dan gw sempat juga buat datang sebelum para rombongan pergi menguburkan... gw pun buru-buru masuk ke gereja dan langsung mencari dimana teman gw atau paling nggak bokap gw..
eh malah nggak ketemu, ya udah akhirnya gw nunggu di luar sampe ibadah gw rasa udah hampir kelar.. nggak beberapa lama gw pun masuk dan ngedapatin bokap gw yang duduk..
gw samperin bokap gw.. dan duduk disampingnya..

"ikut ke kuburan van?" tanya papah gw sama gw..

"nggak tau lagi, klo ada tumpanagan yah ikut..klo nggak ya udah.."

di gereja gw lihat suasana duka yang sangat begitu mendalam.. gw lihat beberapa jemaat yang menangis, kebetulan saat itu seluruh keluarga yang berduka termasuk teman gw nopandi vocal grup untuk penghormatan terakhir dengan mamahnya sebelum dikuburkan.. gw masih ingat lagunya berjudul "didoai ibuku dengar ada namaku disebut"
semua jemaat yang hadir ikut bernyanyi pelan, sampe papah gw ikut nyanyi juga..
gw pun, pengen nangis tapi gw tahan.. gw cuman sedih, seandainya gw di posisi teman gw, mungkin gw nggak akan kuat.. rasa kehilangan yang sangat mendalam yang bisa gw rasakan dari raut muka teman gw itu. gw bersyukur dengan Tuhan sampai sekarang, keluarga gw masih utuh dan kami hidup harmonis.. ibadah pun selesai, semua orang yang hadir di gereja di berikan kesempatan untuk menyalami keluarga yang berduka. begitu banyak orang yang datang sampai buat salam aja sampai ngantri.. gw pun duduk, sambil menunggu sampe nggak banyak orang lagi..
yah, rasa sedih dan berduka masih meliputi diri gw.. kasih seorang ibu, nggak bisa dibalas. semasa hidup orangtua, kita pasti membentak dengan orang tua. tidak menghiraukan tegurannya, tapi sekarang disaat orang tua kita terkujur kaku. cuman ada penyesalan dan duka yang ada.. gw teringat kembali atas kesalahan yang udah gw perbuat, yang suka membentak mamah gw. orang tua rela tidur malam buat nunggu gw datang, masak sedangkan gw udah makan di luar.. di saat itu, pikiran gw adalah sebelum mamah papah pergi mereka harus sempat melihat gw berhasil dan melihat gw udah berkeluarga..
sambil mengamati teman gw cukup lama, antrian yang tadi smepta berjubel udah agak longgar.. gw pun maju ke depan buat nyalamin teman gw..

"sabar boy.. Tuhan pasti ada rencana.. yang tabah.."
kalimat itu yang bisa gw ucapkan buat teman gw, walaupun gw tau.. sebenarnya kaimat tersebut nggak mempan buat dia. mungkin cuman Tuhan yang bisa jadi penghibur buat teman gw dan keluarganya..

"makasih van.." dengan senyumnya dia menjawab gw..

akhirnya, gw pun nggak sanggup lagi buat menahan air mata gw.. gw bisa merasakan rasa duka yang dialamin oleh teman gw.. berkali-kali gw peluk dia, agar dia bisa kuat dan tegar menghadapi semuanya ini.. kakaknya yang begitu histeris, merasa belum ingin berpisah dengan mamahnya untuk selama-lamanya.. tapi itulah takdir, tuhan berkehendak lain.. dan kita manusia harus bisa ikhlas dan tabah.. karena ini bukan kehendak manusia tapi rencana Tuhan.
peti pun ditutup, gw pun merasakan kesedihan yang mendalam.. gw bisa merakan seandainya bisa mereka ingin bersama-sama menemani sang mama dalam kubur..
teman gw begitu tegar, tapi gw berkali-kali merangkul dia.. memberikan semangat dan harus tabah menerima keadaan.. peti pun di angkat untuk dimasukkan dalam ambulance yang akan membawa ke pekuburan.. gw langsung datang ke tempat bokap gw yang lagi cuap-cuap sama pendeta.. beriringan dengan keluarga duka, kami pun turun. sambil melepas kepergian rombongan yang pergi ke kuburan..
yah, gw dan bokap gw nggak ikut.. karena udah capek juga, dan nggak bawa mobil..
gw pun pamit duluan karena gw dan bokap gw bawa motor sendiri-sendiri..

"selamat jalan tante.. selamat beristirahat di alam sana" kalimat itulah yang ada dipikiran gw. kematian seseorang merupakan misteri Tuhan.. jangan sia-siakan semua kesempatan yang ada.. selama hayat masih ada, berbaktilah dengan orang tua..
jangan membuat orangtua menangis karena ulah kita.. kadang-kadang gw sering cekcok dengan orang tua gw, melihat beberapa teman gw yang ditahun ini kehilangan salah satu orang tuanya. membuat gw merasa takut, yah gw takut kehilangan orang tua gw untuk selama-lamanya.. karena gw belum siap lagi untuk menerima keadaan seperti itu.. tapi kalau Tuhan sudah berkehendak, apa boleh buat.. kita manusia cuman bisa pasrah dan berserah diri. dan yakin, kalau Tuhan mempunyai rencana lain di dalam kehidupan kita dna keluarga kita..

sampainya di rumah, nggak beberapa lama papah gw datang..
gw pun melepas sepatu dan ganti baju, cuci tangan dan nggak beberapa lama kemudian gw pun tertidur dengan pulasnya..zzzzzz...

Perfect Class @kristianusevan Luapan Emosi

0 comments:

Post a Comment